Zaman sekarang, orang jualan di media online tuh kayak jualan kacang. Mudah, murah, dan enggak harus punya produk sendiri. Apalagi sekarang sudah banyak Hosting Indonesia yang bakal support habis-habisan buat bikin website. Maka, enggak heran kalau setiap kali kita online pasti ada saja orang yang nawarin produk.

Enggak hanya di media sosial lho, bahkan sering juga yang berkirim pesan langsung melalui aplikasi chatting. Iya, saking mudahnya orang jualan. Modal paket data dan aplikasi saja sudah bisa mendapatkan untung.

Tentu bagi pebisnis, hal ini menjadi peluang untuk membesarkan omset. Melebarkan sayap agar pelanggannya enggak hanya sebatas dari dunia nyata saja, tapi juga menyasar pelanggan dunia maya.

Namun, masalahnya enggak semua pebisnis bisa langsung jualan pakai cara online seperti itu. Mereka butuh website sebagai kendaraan utama yang memungkinkan mereka membuka usaha secara online.

Mungkin ada di antara pembaca yang ngeyel, “Enggak punya website juga masih bisa jualan online kok. Kan tinggal foto barangnya, terus promosi ke beranda medsos?”

Betul, begitu juga bisa jualan, tapi untuk menjadi seorang pebisnis tentu perlu memikirkan manajeman produk, sistem pemasaran, dan pengembangan bisnisnya kan?

Baca juga: Enggak Perlu Pusing Cari Nama Domain Untuk Bisnis

Kalau mindsetnya masih sebatas share foto di media sosial, ya silakan dinaikkan sedikit levelnya. Kita butuh tempat yang bisa diakses oleh banyak orang untuk mengetahui seperti apa produk yang kita jual. Kita butuh website yang bakal 24 non stop menampilkan produk kita dan mengelola data calon pelanggan. Bahkan beberapa website bisa menghandel hingga ke tahap transaksi.

Yakin, masih akan bertahan dengan share foto di medsos aja?

Sumber Gambar: pixabay.com

Website Adalah Aset Berharga Untuk Kesuksesan Usaha Online

Coba deh kita telusuri perusahaan raksasa dunia, mana yang enggak punya website? Atau kita iseng coba buka salah satu situs ecommerce, hitung ada berapa jenis produk yang dijual di sana? Kalau perlu sekalian riset aja membandingkan omset produk yang dijual secara online, dengan yang enggak online.

Zaman sekarang, website adalah asset berharga untuk kesuksesan bisnis seseorang. Apalagi yang memang bergerak di bidang usaha online.

Kalau saya amati, sebagian besar promosi online dibuat untuk mengarahkan calon pelanggan menuju website tertentu. Nah, di website inilah calon pelanggan tersebut dikenalkan dengan produk itu. Detail, mulai dari deskripsi, harga, spesifikasi, bahkan review dari produk tersebut.

Calon pelanggan juga bisa melakukan interaksi dengan penjual produk melalui website tersebut. Bisa sekadar bertanya tentang produk atau meminta bantuan untuk proses transaksi.

Jika toko fisik memiliki keterbatasan dalam menampilkan produk, maka website bisa lebih banyak menampilkan berbagai jenis produk.

Jika calon pembeli butuh waktu lebih lama untuk datang dan memilih-milih produk di toko fisik, maka hal itu bisa dimudahkan dengan website. Calon pelanggan tinggal gunakan menu penelusuran, maka sudah bisa menemukan jenis produk yang dicari.

Untuk lebih detailnya, akan saya jabarkan mengenai beberapa manfaat website tersebut.

Sumber Gambar: pixabay.com

Manfaat Website Untuk Bisnis

Sebenarnya ada banyak sekali manfaat website, tapi di sini saya akan spesifikkan pembahasannya ke poin manfaat website untuk bisnis atau usaha online.

Secara garis besar, saya rangkum menjadi 5 poin manfaat website untuk bisnis atau usaha online, apa saja itu?

1.      Menguatkan Branding

Enggak bisa dipungkiri bahwa website sangat bermanfaat untuk menguatkan branding. Bukan hanya branding produk, bisa juga untuk branding toko, jenis usaha, bahkan branding secara personal.

Sumber Gambar; pexels.com

Sebagaimana yang kita tahu bahwa branding ini sangat berguna untuk meningkatkan kepercayaan calon pelanggan. Semakin bagus branding yang kita bangun, semakin mudah kita mendapatkan trust dari calon pelanggan.

Percaya atau enggak, calon pelanggan akan menilai professional enggaknya sebuah bisnis dikelola, salah satunya dilihat dari informasi yang ada di website. Dari company profile, review produk, dan lain sebagainya. Bisa juga dari kemudahan yang mereka dapatkan dari fitur-fitur yang ada di website.

2.      Akses Luas dan Mudah Dijangkau

Jualan di pinggir jalan jelas jangkauannya enggak seluas jualan di internet. Karena toko yang ada di pinggir jalan hanya bisa diakses oleh orang-orang yang lewat di jalan tersebut atau orang-orang lokal di sekitar toko.

Sumber Gambar: pexels.com

Sedangkan jualan di internet, jangkauannya bisa ke seluruh dunia. Enggak terbatas orang-orang lokal di sekitar toko saja. Karena orang-orang hanya perlu terkoneksi dengan internet dan mengakses website untuk mendapatkan informasi terkait produk yang dicari.

3.      Manajemen Produk Lebih Efisien dan Efektif

Fitur-fitur yang ada di website memungkinkan seseorang untuk lebih mudah mengelola produk. Di sana ada inventory management system yang bakal mengupdate jumlah produk dan data-data spesifikasinya.

Sumber Gambar: pexels.com

Pemilik bisnis enggak perlu memperkerjakan karyawan untuk memeriksa stok setiap harinya, karena system akan berjalan otomatis melakukan pekerjaan itu. Nah, enggak perlu keluar duit buat gaji karyawan kan?

4.      Mendapatkan Data Calon Pelanggan

Kita bisa mengintegrasikan website dengan tools analitik yang bermanfaat untuk menganalisis data calon pelanggan. Jadi setiap saat kita bisa memantau karakteristik orang yang mengunjungi website kita.

Sumber Gambar: pexels.com

Dari data-data pengunjung website ini kita bisa menganalisis kecenderungan produk apa yang cocok buat calon pelanggan kita. Sehingga akan lebih mudah menentukan prioritas produk apa yang akan kita jual dan menntukan strategi promosi seperti apa yang paling efektif.

Biasanya untuk bisa mendapatkan data calon pelanggan ini kita pakai tools seperti google analytics, atau pixels facebook. Iya, kedua tools itu setahu saya yang saat ini paling banyak dipakai para internet marketer.

5.      Promosi Lebih Efektif dan Efisien

Ketika kita punya data karakteristik pengunjung website, maka selanjutnya kita bisa merancang konten seperti apa yang cocok buat mereka. ini penting, agar pelanggan-pelanggan itu betah berkunjung ke website. Syukur-syukur mereka kemudian merekomendasikan kepada teman-teman untuk mengakses website kita.

Sumber Gambar: pexels.com

Ketika kita punya website, kita enggak perlu bayar sewa iklan untuk mempromosikan produk. Cukup bikin banner dan pasang di website.

Coba bayangin aja kalau dalam sehari ada 1000 pengunjung website kita, maka mereka semua akan melihat iklan kita. mantab, bukan?

Bagaimana Cara Mendapatkan Website Untuk Usaha Online?

Untuk bisa mendapatkan website, sangat mudah caranya. Enggak serumit ngurus KTP, kok. Saya sudah beberapa kali bantu teman bikin website. Biasanya enggak sampai satu jam kita sudah bisa mendapatkan hosting dan domain untuk bikin website.

Apalagi zaman sekarang sudah banyak penyedia layanan hosting berkualitas yang bisa kita manfaatkan jasanya untuk bikin website. Mereka punya tim yang komplit. Mulai dari customer service hingga teknisi yang selalu siap membantu kita.

Coba deh cek beberapa penyedia layanan hosting Indonesia seperti Qwords.com. Biasanya di sana suka ngasih promo menarik untuk kita yang lagi butuh website.

Nah, itulah 5 manfaat website untuk bisnis dan usaha online. Semoga bermanfaat. Jangan ragu untuk share tinggalkan komentar jika ada hal yang perlu didisusikan.