Pengertian Akutansi

belajar daring adalah
Sumber: pexels

Apa yang terbayang  dalam pikiran kita ketika mendengar kata akutansi? Mungkin selama ini kita sudah sangat familiar dengan kata tersebut, tapi jika ditanya apa pengertian akutansi, sepertinya masih susah menjawabnya.

Bisa jadi karena sebagian besar orang berpikir, “Ngapain harus paham pengertian akutansi? Kan kita bukan siswa.”

Setidaknya minimal kita tahu apa pengertiannya, sehingga ketika suatu saat ditanya oleh anak atau kerabat kita yang masih sekolah, kita bisa menjelaskannya. Biar enggak malu-maluin gituh.

Nah, berikut ini saya jabarkan mengenai pengertian akutansi dan hal-hal yang berhubungan dengan akutansi. Harapannya artikel ini bisa jadi rujukan ketika kita butuh referensi untuk menjelaskan terkait akuntansi.

Kebanyakan dari kita mengira bahwa akutansi merupakan ilmu yang sulit dipahami atau setara dengan kesulitan saat mengerjakan soal matematika atau fisika.

Dalam ilmu akutansi banyak angka-angka yang membuat kita merasa pusing sebelum memahami pengertian akutansi itu sendiri.

Sebenarnya akutansi ini masuk dalam kategori ilmu sosial yaitu ilmu ekonomi. Jika kita ngobrolin tentang akutansi, biasanya ada kaitan dengan bidang ekonomi.

Dalam kehidupan sehari-hari, pernahkan kita melihat seseorang dengan hobi mencatat pengeluaran apa saja ketika belanja? Atau juga mencatat setiap kali mendapatkan uang untuk memantau berapa harta yang dia punya.

Kurang lebih implementasi dari ilmu akutansi ya enggak jauh dari aktivitas tersebut. Memang pada dasarnya sudah banyak yang menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Di artikel ini kita akan coba memahami apa pengertian akuntansi yang sebenarnya. Menggunakan beberapa referensi agar kita enggak salah memahami makna dari akutansi.

Bisa jadi kita tanpa sadar sebenarnya sudah melakukan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan akutansi dalam aktivitas sehari-hari.

Sumber: pexels

Pengertian Akuntansi Menurut Bahasa

Apa bedanya antara “Akutansi” dengan “Akuntansi?” hampir sama, hanya berbeda penulisan saja. Sebenarnya penulisan yang benar adalah “Akuntansi,” tapi banyak orang yang terlanjur mengenal “Akutansi” sebagai kata yang beredar secara umum.

Bisa jadi karena mudahnya secara pelafalan, sehingga sampai sekarang masih melekat dalam ingatan orang-orang.

Kata akuntansi dalam bahasa Inggris disebut juga accounting, dapat diartikan bahwa akuntansi atau accounting ini sebagai, “membuat atau menyusun suatu akun atau rekening.”

Jadi, pengertian akuntansi memang sangat spesifik kepada sebuah aktifitas yang dilakukan oleh seseorang yang berkaitan dengan pembuatan dan penyusunan akun atau rekening.

Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli

Selain pengertian secara Bahasa, ada juga pengertian akuntansi menurut para ahli. Nah, seperti apa para ahli mendefinisikan akuntansi?

Dalam artikel ini saya jabarkan beberapa pendapat ahli mengenai pengertian akuntansi yang dapat kita jadikan referensi. Berikut ini pengertian akuntansi menurut para ahli

Pengertian Akuntansi Menurut Sugiyono dan Riyono

Sugiyono dan Riyono mendefinisikan akuntansi sebagai suatu tindakan yang dilakukan dalam rangka memberikan jasa dan memberikan pelayanan berupa informasi-informasi yang berhubungan dengan uang, juga berupa informasi yang kuantitatif.

Pengertian Akuntansi Menurut Menurut Thomas Sumarsan

Pengertian akuntansi menurut Thomas Sumarsan adalah suatu proses untuk dapat mengumpulkan, mengidentifikasi, mengklarifikasi, melakukan pencatatan transaksi-transaksi keuangan ataupun kejadian yang berkaitan dengan hal keuangan. Proses ini nantinya akan menghasilkan suatu informasi yang berupa laporan keuangan.

Pengertian Akuntansi Menurut Winwin Y dan Ilham W

Winwin Y dan Ilham W mendefinisikan pengertian akuntansi sebagai suatu bentuk informasi yang didapatkan melalui proses pencatatan, melakukan identifikasi dan menyampaikan komunikasi  tentang suatu kejadian ekonomi dari suatu organisasi kepada pihak-pihak yang memiliki kepentingan terkait keuangan.

Pengertian Akuntansi Menurut Warren, Reeve, dan Duchac

Warren, Reeve, dan Duschac menjelaskan bahwa akuntansi sebagai suatu kesatuan yang dapat menyediakan berbagai laporan kepada para pemakai laporan keuangan tentang suatu aktivitas dari perusahaan-perusahaan yang ada.

Pengertian Akuntansi Menurut Harahap

Sedangkan pengertian akuntansi menurut Harahap dijelaskan sebagai suatu tahapan dalam melakukan identifikasi hingga menyampaikan suatu informasi keuangan yang akan dijadikan suatu bahan informasi yang digunakan oleh pemiliknya dalam mengambil keputusan dari berbagai pilihan yang ada.

Pengertian Akuntansi Menurut Samryn

Samryn menyatakan bahwa pengertian akuntansi adalah kumpulan informasi yang dimanfaatkan sebagai dasar dalam melakukan perubahan data menjadi suatu bentuk informasi keuangan dari sebuah transaksi keuangan.

Pengertian Akuntansi Menurut Abu Bakar A dan Wibowo

Abu Bakar A dan Wibowo mendefinisikan akuntansi sebagai suatu tahapan atau langkah-langkah dalam mengakui, mencatat dan melakukan korespondensi bursa keuangan dari unsur-unsur yang berkaitan .

Pengertian Akuntansi Menurut Littleton

Pengertian akuntansi adalah ukuran yang dijadikan sebagai dasar dalam mempelajari akuntansi dan ilmu keuangan.

Pengertian Akuntansi Menurut Dr. M. Gede

Dr. M. Gede mendefinisikan pengertian akuntansi adalah  sebuah seni atau ilmu yang melakukan secara terus menerus pengelolaan maupun analisa catatan keuangan berdasarkan sistem beserta peraturan sehingga menghasilkan suatu laporan keungan

Pengertian Akuntansi Menurut Keputusan Menteri Keuangan

Sedangkan Keputusan Menteri Keuangan memberi definisi akuntansi sebagai suatu tahapan yang dilalui mulai dari pengumpulan informasi-informasi keuangan hingga pelaporan tentang adanya berbagai transaksi keuangan yang akan menjadi sumber informasi  keuangan yang berguna.

Pengertian Akuntansi Menurut Mulyadi

Mulyadi menyatakan pengertian akuntansi adalah suatu badan yang terdiri dari catatan, formulir maupun laporan yang di arahkan dengan berbagai cara untuk dapat memberikan suatu laporan keuangan yang nantinya akan digunakan oleh suatu lembaga yang berkaitan agar memperoleh kemudahan dalam mengoperasikan perusahaan yang dimilikinya.

Pengertian Akuntansi Menurut Paul Gray

Paul Gray menegaskan bahwa akuntansi yaitu suatu kesatuan yang melakukan tindakan atas suatu transaksi-transaksi keuangan yang telah tersedia dalam bentuk laporan keuangan sebagai bukti tentang kepercayaan yang telah diberikan melalui bukti pertanggungjawaban .

Selain pengertian akuntansi secara umum, ada juga yang menklasifikasikan lagi menjadi: akuntansi biaya dan akuntansi manajemen. Nah, seperti apa perbedaan keduanya?

Pengertian Akuntansi Biaya atau Keuangan

Sebenarnya akuntasi biaya atau keuangan merupakan cabang dari ilmu akuntansi itu sendiri. Secara umum pengertiannya hampir sama, hanya lebih spesifik ke masalah pembiayaan.

Secara umum pengertian akuntansi biaya dijelaskan sebagai suatu bentuk proses pencatatan keuangan yang dilakukan dengan cara menggolongkan dan menyusun ringkasan atas aktivitas keuangan yang meliputi biaya produksi, maupun penjualan suatu produk maupun jasa.

Umumnya hasil dari kegiatan akuntansi biaya ini berupa laporan keuangan yang dipakai sebagai laporan pertanggungjawaban kepada pihak terkait. Entah itu perusahaan eksternal maupun suatu organisasi yang bergerak dalam bidang bisnis.

Pengertian Akuntansi Manajemen

Jika akuntansi biaya lebih spesifik ke aktifitas pembiayaan, maka akuntansi manajemen secara umum lebih focus pada system yang berkaitan dengan informasi akuntansi yang melibatkan tingkat manajerial suatu organisasi.

Pengertian akuntansi manajemen menurut Chartered Institute of Management Accountants (CIMA) adalah merupakan suatu proses kegiatan identifikasi, pengukuran, akumulasi, analisis, penyusunan, interpretasi, dan komunikasi informasi yang digunakan oleh manajemen untuk menyusun rencana, mengevaluasi, dan melakukan pengendalian terhadap suatu entitas dan untuk memastikan sesuai dan akuntabilitas penggunaan sumber daya.

Biasanya akuntansi manajemen ini meliputi penyusunan laporan keuangan yang disajikan untuk pihak seperti pemegang saham, kreditur, badan pengatur dan otoritas pajak.

Tujuan Akuntansi

Akuntansi sebagai suatu sistem informasi tentunya mempunyai suatu tujuan tertentu. Dari beberapa referensi dapat disimpulkan bahwa tujuan akuntansi adalah memberikan infomasi ekonomi dari kesatuan ekonomi kepada pihak-pihak yang memiliki kepentingan.

Jika kita buat sebuah daftar, maka tujuan akuntasi mencakup beberapa hal berikut:

  1. Menjadi sumber informasi yang dapat dipercaya tentang perubahan-perubahan yang terjadi akibat adanya suatu kegiatan tertentu.
  2. Melakukan monitoring apabila terjadi suatu perubahan ekonomi beserta kewajibannya.
  3. Membantu pengguna dalam membaca informasi tentang keuangan.
  4. Menjadi sumber acuan informasi keuangan yang terpercaya mengenai modal, sumber ekonomi maupun kewajiban.
  5. Menyampaikan data yang ada secara detail yang akan digunakan oleh pengguna laporan keuangan.

Fungsi Akuntansi

Ada beberapa fungsi dari akuntansi yang perlu kita ketahui, antara lain:

  1. Mengetahui tentang keadaan keuangan yang ada pada perusahaan.
  2. Memperhitungkan biaya yang harus dikeluarkan untuk mengembangkan suatu perusahaan (tugas seorang akuntan).
  3. Dapat melihat apakah terjadi perubahan keuangan dalam suatu perusahaan.
  4. Digunakan sebagai dasar seorang manajer dalam mengambil suatu keputusan agar perusahaan memperoleh keuntungan yang besar.

Proses Akuntansi

Proses akuntansi  atau dapat juga disebut sebagai suatu siklus akuntansi dilakukan secara berulang-ulang dan memiliki tahapan yang sama dan harus pula dilakukan setiap entitas dalam mempersiapkan suatu laporan keuangan. Siklus akuntansi adalah sebagai berikut:

  1. Pencatatan data ke dalam bukti transaksi.
  2. Penjurnalan.
  3. Melakukan posting pada buku besar.
  4. Penyusunan suatu neraca saldo.
  5. Membuat ayat jurnal dan memasukannya jumlah dari neraca saldo tersebut.
  6. Membuat ayat-ayat penutupan.
  7. Menyusun suatu laporan keuangan.

Cabang-cabang Akuntansi

Ilmu akuntansi memilki tiga cabang, yaitu:

Akuntansi Pemerintah

Merupakan cabang akuntansi yang kegiatannya memproses transaksi-transaksi keungan yang dilakukan pemerintah yang ditujukan untuk menghasilkan laporan keungan sebagai suatu bentuk pertanggungjawaban kepada rakyat melalui lembaga-lembaga legislative dan untuk kepentingan-kepentingan pihak yang terkait di dalamnya.

Akuntansi manajemen

Merupakan cabang akuntansi yang menghasilkan suatu laoran keuangan bagi pihak internal suatu organisasi ataupun manajemen.

Akuntansi keuangan

Merupakan cabang akuntansi yang menghasilkan suatu laporan keuangan bagi pihak luar seperti para investor, Bapepam, dan kreditor.

Aktivitas-aktivitas akuntansi

Dalam akuntansi terdapat tiga aktivitas utama, yaitu

Identifikasi

Aktivitas identifikasi yaitu suatu aktivitas untuk mengidentifikasikan transaksi-transaksi yang ada dalam perusahaan.

Pencatatan

Aktivitas pencatatan yaitu aktivitas yang dilakukan dengan cara mencatat semua transaksi yang telah dilakukan identitifikasi secara sistematis dan kronologis.

Komunikasi

Aktivitas komunikasi merupakan suatu aktivitas yang diperuntukan untuk mengkomunikasikan infomasi-informasi akuntansi dalam bentuk suatu laporan keuangan yang akan diberikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan baik bagian internal maupun eksternal suatu perusahaan.

Pengguna Informasi Akuntansi

Dalam ilmu akuntansi banyak kalangan yang menggunakan ilmu-ilmu akuntansi dalam menyelesaikan pekerjaannya. Berikut adalah para pengguna informasi akuntansi:

  1. Manajer bisnis
  2. Investor dan kreditor
  3. Karyawan
  4. Petugas pajak
  5. Badan hukum pemerintahan

Hubungan akuntansi dan laporan keuangan

Dalam pembahasan di atas banyak disebutkan mengenai laporan keuangan. Mungkin kita bertanya-tanya mengenai hubungan antara akuntansi dan laporan keuangan.

Laporan keuangan sebenarnya merupakan bagian dari akuntansi, di mana perusahaan-perusahaan memerlukan laporan kegiatan yang telah dilakukan perusahaan.

Laporan keuangan ini sangat penting bagi perusahaan, terutama untuk melihat kondisi  keuangan perusahaan.

Bahkan dari laporan keuangan ini nantinya perusahaan bisa melakukan telaah untuk menentukan rencana pengembangan perusahaan.

Dari laporan ini perusahaan memiliki acuan dalam menentukanarah kebijakan. Terutama untuk memutuskan apakah sebuah bisnis akan dilanjutkan atau ditutup saja.

Demikian pengertian akutansi dan hal-hal yang berkaitan dengan akuntansi. Silakan tinggalkan komentar untuk diskusi, dan share agar yang lain mendapat manfaat dari artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You May Also Like